Detail Berita

#Siswa MTsN 1 Kota Malang Sukses Raih Juara 1 LKTI Tingkat Nasional

siswa-mtsn-1-kota-malang-sukses-raih-juara-1-lkti-tingkat-nasional

Kota Malang (MTsN 1) – Siswa MTsN 1 Kota Malang, Pasha Halabi Ikhsanal Haq (kelas 9F) dan Ian Prayata Argyan Whiramukti (9H), sukses meraih juara 1 dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional yang diadakan oleh UM (Universitas Negeri Malang), Minggu (25/10/2020).

Kegiatan LKTI tingkat nasional ini adalah bagian dari Omega Science Day yang dilaksanakan oleh HMP IPA Omega UM. Dalam pelaksanaanya semua kegiatan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Claud Meetings.

Tiap tim peserta diwajibkan mengirim video presentasi dan juga ada sesi tanya jawab dengan dewan juri.

Dalam lomba ini tim MTsN 1 Kota Malang membuat sebuah penelitian yang diberi judul Modifikasi Voltage Multiplier untuk Meningkatkan Energi Listrik pada Energy Harvesting Device Sebagai Upaya Mendukung Program Energi Terbarukan.

Penelitian ini didasari bahwa 63% produksi listrik di Indonesia dihasilkan dari batu bara yang merupakan sumber energi tidak terbarukan. Pembakaran batu bara juga memiliki dampak negatif yaitu meningkatkan suhu bumi, membuat efek rumah kaca, dan menyebabkan pemanasan global.

Berdasarkan hal itulah, Pasha halabi dan Ian Prayata membuat sebuah alternatif solusi yaitu dengan Modifikasi Voltage Multiplier untuk Meningkatkan Energi Listrik pada Energy Harvesting Device (Perangkat Pemanen Energi).

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur dan bisa menjadi pengalaman berharga bagi saya selama di MTs. Lomba ini insyaallah yang terakhir bagi saya di Matsanewa, jadi alhamdulillah bisa mendapatkan juara 1. Saya juga berharap semoga KIR Matsanewa selalu bisa menyumbang prestasi bagi madrasah dan juga tak lupa dengan slogannya santun berprestasi,” jelas Pasha Halabi saat dihubungi melalui pesan WhatsApp.

Hal senada juga disampaikan oleh Ian Prayata, “Alhamdulillah, saya sangat senang karena selain dapat berkompetisi, di ajang ini saya juga bisa mempelajari banyak hal.”

Sementara itu, Pembina KIR MTsN 1 Kota Malang, Annestiana Handini, juga sangat bangga dengan raihan prestasi anak didiknya di tingkat nasional.

“Alhamdulillah, mereka tetap berkarya dan berprestasi walau di masa pandemi Covid-19. Keberhasilan mereka ini juga tak lepas dari ketekunan, kerja keras, dan doa semua pihak,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Annes juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala MTsN 1 Kota Malang Samsudin, tim pembina KIR, dan wali murid. Berkat dukungan merekalah akhirnya tim Matsanewa berhasil meraih prestasi terbaik. (Zul)  

Image placeholder

Zulfiki

Penulis yang bernama Zulfiki ini merupakan Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Malang yang berstatus PNS dan memiliki jabatan sebagai guru MTsN 1.