Detail Berita

#Siswa MTsN 1 Kota Malang Raih Special Awards NYIA 2020

siswa-mtsn-1-kota-malang-raih-special-awards-nyia-2020

Kota Malang (MTsN 1) – Siswa MTsN 1 Kota Malang, Thoriq Ahmad Izzuddin, sukses meraih special awards dalam gelaran NYIA (National Young Inventors Award) 2020.

NYIA  adalah ajang kompetisi bagi remaja dalam melakukan inovasi dan invensi di bidang teknologi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, memberikan apresiasi, dan menggali potensi remaja di bidang inovasi teknologi.

Lomba tingkat nasional ini juga sebagai ajang untuk menjaring inventor remaja berpartisipasi pada kompetisi tingkat regional maupun internasional.

Peserta NYIA adalah remaja setingkat siswa SD, SMP dan SMA. Mereka adalah remaja yang potensial untuk dikembangkan dan dapat menjadi potent brand ambassador atau young talent terkait dengan remaja dan inovasi.

Dalam ajang yang digagas oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) ini, Thoriq mempresentasikan penelitiannya yang berjudul Alat Pemanen Energi Suara Generasi 4 sebagai Sumber Energi Mikro yang Ramah Lingkungan.

“Alhamdulillah, senang sekali (bisa meraih prestasi di NYIA 2020) dan jadi pengalaman berharga bagi saya saat di MTs dalam mengikuti lomba dari LIPI,” jelas siswa kelas 9F tersebut saat dihubungi melalui WhatsApp pada Selasa (24/11/2020).

Lebih lanjut, santri Ma’had Al-Madany itu juga menyampaikan, prestasi yang diraihnya tak lepas dari bimbingan dan doa dari para guru dan pembina KIR Matsanewa.

“Lomba ini juga menjadi yang terakhir bagi saya di Matsanewa, alhamdulillah sekali bisa mendapat penghargaan. Saya juga berharap semoga KIR Matsanewa bisa mencetak prestasi kembali bagi madrasah di tahun selanjutnya,” pungkas Thoriq.

Dalam mengikuti ajang NYIA, banyak tahapan yang harus dilalui oleh peserta. Demikian halnya yang dilakukan oleh Thoriq. Pertama ia harus memodifikasi alat untuk meningkatkan kinerjanya.

Berikutnya, peserta juga harus menyiapkan berkas untuk dikumpulkan dalam pameran daring. Berkas itu itu meliputi video penjelasan, foto, dan poster. Terakhir adalah presentasi secara virtual dan tanya jawab.

Pembina KIR Matsanewa, Annestiana Handini, juga sangat bersyukur terhadap prestasi yang diraih oleh anak didiknya di ajang NYIA 2020.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur atas prestasi yang diraih  Thoriq di ajang NYIA 2020. Terima kasih juga saya sampaikan ke Pak Samsudin (Kepala MTsN 1 Kota Malang), tim pembina KIR, bapak/ibu guru, dan wali murid atas semua doa dan dukungannya selama ini,” jelas guru alumnus Universitas Negeri Malang tersebut. (Zul)   

Image placeholder

Zulfiki

Penulis yang bernama Zulfiki ini merupakan Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Malang yang berstatus PNS dan memiliki jabatan sebagai guru MTsN 1.