UNTUK TINGKATKAN IMTAQ DAN AKHLAK KARIMAH, MAN 1 KOTA MALANG TAYANGKAN FLYER RELIGI

Malang (MAN 1 Kota Malang). Madrasah merupakan tempat belajar untuk menciptakan serta membentuk insan yang beriman, berilmu, bertakwa, dan berakhlak karimah. Untuk itu, MAN 1 Kota Malang memiliki program baru dalam meningkatkan imtaq dan akhlak karimah di lingkungan madrasah, yaitu dengan menayangkan flyer religi. Flyer Lentera Hati ini dilaunching pada 1 Ramadhan 1441 H./24 April 2020 M. atas gagasan Ka. TU saat itu, Bapak Drs. H. Bambang Hery Y., lalu ditindaklanjuti oleh Waka Humas, Bapak Abdurrohim, MA. Perlu diketahui pula, bahwa pada saat bulan Ramadhan lalu, flyer religi ini pun tayang setiap hari, dan setiap harinya tayang dua kali, yaitu saat menjelang buka dan menjelang sahur. Untuk di luar bulan suci Ramadhan, flyer ini rutin ditayangkan setiap hari Senin dan Kamis, menjelang adzan Maghrib. Biasanya, flyer tersebut ditayangkan dengan cara dibagikan melalui story whatsapp, grup guru dan tenaga kependidikan (GTK), grup kelas, grup wali murid, grup alumni bahkan hingga Instagram dan Facebook. Bahkan seiring dengan kecepatan teknologi informasi, flyer ini juga telah menyebar ke luar negeri, khususnya para alumni, keluarga serta teman dari keluarga besar MAN 1 Kota Malang yang saat ini sedang tinggal di mancanegara.

Sesuai dengan namanya, Lentera Hati, flyer tersebut diharapkan mampu menerangkan hati setiap insan yang membaca tulisan-tulisan di dalamnya. Tulisan tersebut berisi kutipan ayat Al-Quran, Hadits, dan do’a-do’a serta al Mahfudzat (Kata Mutiara) yang berbeda-beda setiap hari tayangnya. Beberapa isi dari Lentera Hati ini seperti (1) Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. (QS. Al Baqarah: 216). (2) Dan aku menyerahkan urusanku kepada Allah. Sungguh Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. (QS. Ghafir/40:44), (3) Orang mukmim dengan orang mukmin yang lain bagaikan sebuah bangunan, sebagian menguatkan sebagian yang lain. (HR. Muslim), (4) “Cintailah orang yang engkau kasihi sekedarnya saja, karena boleh jadi kelak engkau akan membencinya. Bencilah orang yang engkau benci juga sekedarnya saja, karena boleh jadi kelak dia akan menjadi orang yang engkau cintai” (HR. Tirmidzi), (5) Do’a agar ditetapkan dalam hidayah, (6) Doa berlindung dari berbagai bahaya, termasuk virus Corona, dan sebagainya. Selain isinya yang mengandung muatan religi dan moral yang dalam, tampilan dari flyer lentera Hati ini pun didesain semenarik mungkin sehingga pembaca tidak akan bosan. Tidak jarang pula, kehadiran flyer Lentera Hati ini dinanti oleh pembacanya karena mampu memberikan informasi yang bermanfaat dan pelajaran tentang kehidupan dan keislaman, bahkan sangat menyentuh hati dan menggugah jiwa.

Dengan adanya flyer Lentera Hati ini, keimanan, ketakwaan, dan akhlak karimah kita dapat meningkat. Dari yang tidak tahu beberapa isi al Qur’an, Hadis dan al Mahfudzat, menjadi tahu. Dari yang tidak tahu do’a dalam melakukan beberapa hal, menjadi tahu. Setelah tahu kutipan ayat al Qur’an hadis dan al Muhfudzat serta do’a tersebut, lalu kita dapat menghafalkan dan mengamalkannnya dalam kehidupan sehari-hari. Mengambil hikmah dan nilai-nilai dari al-Quran, Hadis, al Makhfudzat dan do’a untuk menjadi insan yang lebih baik. Apabila kita membagikannya pun, lalu dapat memberikan manfaat untuk orang lain, kita juga akan mendapat pahala. Subhanallah. Apabila ingin melihat secara keseluruhan flyer Lentera Hati ini, kita pun dapat melihat sorotan (highlight) di intagram resmi @man1kotamalang. Salam Perubahan (Humas)

Abdurrohim

Penulis yang bernama Abdurrohim ini merupakan Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Malang yang berstatus PNS dan memiliki jabatan sebagai Waka Humas.