Tiga Guru MIN 1 Raih Peserta Terbaik 1, 2, dan 3 Pelatihan Pembelajaran Tematik

Kota Malang (MIN 1) – Pengembangan kompetensi sumber daya manusia terus dilakukan oleh MIN 1 Kota Malang. Kali ini sepuluh guru diikutkan pelatihan pembelajaran tematik di wilayah kerja Kantor Kementerian Agama Kota Malang. Kegiatan ini berlangsung enam hari (26 April s.d. 1 Mei 2021). Bertempat di aula MTsN 1 Kota Malang.

Materi yang didapatkan dalam pelatihan yaitu Sistem Pelatihan dan Pengembangan SDM Kementerian Agama, Building Learning Commitment (BLC), Konsep Pembelajaran Tematik Terpadu, Analisis SKL, KI dan KD, Pemetaan Tema, Teknik Penilaian Pembelajaran Tematik, Pembangunan Bidang Agama, Penyusunan Desain Pembelajaran Tematik, Simulasi Pembelajaran Tematik, dan Nilai - Nilai Dasar Sumber Daya Manusia Kementerian Agama.

Pelatihan ini diikuti 30 peserta terdiri dari sepuluh guru dari MIN 1, sepuluh guru dari MIN 1, dan sepuluh guru dari madrasah swasta di wilayah Kota Malang. Kesepuluh guru dari MIN 1 tersebut yaitu Irma Fajarwati, Abdul Haris Ishaq, Ninis Widayati, Moch. Zain Hasanuddin, Murita Herliningtyas, Mutik Atul Khoiriyah, Retno Wulandari, April Sugiarto, dan Novida Indrawati.

Mutik Atul Khoiriyah menyampaikan, “Dengan ikut pelatihan ini seperti merecarge dan mengupgrade pengetahuan lama tentang pembelajaran tematik. Narasumber dari BDK menyampaikan materi dengan gamblang, bahkan kami juga diajari beberapa aplikasi guna menunjang pembelajaran secara daring.”

“Yang menarik saat sesi praktik mengajar, saya harus membawa telor ayam beserta sarangnya. Hal itu untuk memberikan contoh pembelajaran nyata kepada siswa tingkat dasar yang masih dalam tahap pengetahuan konkrit,” ujar guru lulusan PGSD UM ini.

Peserta lain Noviana menyampaikan ini merupakan pelatihan kali kedua yang diikutinya dari BDK, yang pertama sudah lama yaitu saat diklat prajabatan, “Terus terang, baru kali pertama saya mengikuti kegiatan Diklat yang diselenggarakan BDK Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Sebelumnya pernah sudah lama ketika prajabatan,” ungkap peserta terbaik ketiga dalam pelatihan ini. “Alhamdulillah pelatihan ini mengupdate dan memberikan semangat lagi agar memberikan yang terbaik untuk siswa didik. Intinya, dalam materi tematik, merangkul semua materi menjadi tema yang terpadu,” jelas guru yang biasa di sapa Bu Novi ini.

Saat penutupan pelatihan, panitia memberikan kejutan dengan diumumkannya peserta terbaik. Terbaik pertama diraih oleh Mutik Atul Khoiriyah, terbaik kedua diraih oleh Retno Wulandari, dan terbaik ketiga diraih Noviana. Ketiga peserta terbaik tersebut semuanya delegasi MIN 1 Kota Malang. (DwiCy)

DwiCy

Penulis yang bernama DwiCy ini merupakan Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Malang yang berstatus PNS dan memiliki jabatan sebagai Guru.