Pondok Ramadhan 1442 H. MIN 1 Kota Malang Lakukan Luring Terbatas

Kota Malang (MIN 1) - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling dirindukan oleh umat muslim, karena pada bulan Ramadhan inilah amal kebaikan akan dibalas dengan berkah pahala yang berlipat ganda. Bulan Ramadhan juga merupakan bulan diturunkannya kitab suci Al-Qur’an dan bulan pengampunan dosa serta dikabulkannya doa-doa.

Meskipun Ramadhan tahun 1442 H / 2021 M ini masih dalam masa pandemi kegiatan pondok Ramadhan dilaksanakan secara luring atau tatap muka terbatas. Hal itu dikarenakan telah dikeluarkannya peraturan wali kota tentang kebijakan boleh dilakukannya tatap muka terbatas dengan syarat-syarat yang ditentukan.

Pondok Ramadhan dilaksanakan selama 6 hari (19-24/4/2021) ini mengambil tema “Bersama Ramadhan, Mari Berbagi di Tengah Pandemi”. Karena sifatnya masih terbatas maka dalam sehari hanya satu jenjang kelas yang dijadwalkan datang ke madrasah, itupun jika orang tua mengizinkan. Lima hari yang lain dilakukan secara daring menggunakan fasilitas zoom meeting. Bagi siswa yang menghendaki tetap belajar dari rumah, panitia telah menyiapkan kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga, siswa wajib melaporkan melalui googleform.

Ketua panitia, Moh. Mansyur menyampaikan tujuan dari Pondok Ramadhan ini diantaranya memberikan bekal kepada anak-anak tentang amaliyah ibadah di bulan Ramadhan. Yang luring di madrasah dilakukan pembinaan praktik langsung amaliyah ibadah.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan bekal kepada anak-anak tentang amaliyah ibadah, bagi siswa yang hadir di madrasah dilakukan pembinaan praktik langsung ibadah wudhu, shalat dan sebagainya,” ujar lulusan PGA Kota Malang ini.

“Di samping itu ada kegiatan pembayaran zakat dan penggalanan bakti sosial untuk warga Malang selatan yang tengah tertimpa gempa, ini untuk melatih kepekaan sosial anak-anak,” pungkasnya. (DwiCy)

DwiCy

Penulis yang bernama DwiCy ini merupakan Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Malang yang berstatus PNS dan memiliki jabatan sebagai Guru.