Pertama Kali Tasmi Akbar Juz 30 Siswa MIN 1 Kota Malang

Kota Malang (MIN 1) – MIN 1 kota Malang menyelenggarakan pertama kalinya program Tasmi’ Akbar. Tasmi’ adalah program lanjutan setelah siswa-siswi lulus hafalan semua surat dalam juz 30. Modelnya berupa siswa membaca juz 30 dimulai dari surat An-Naba’s.d. An-Nas tanpa melihat Mushaf Al-Qur’an dalam satu kali dudukan. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Sabtu (21/4/2021).
Kegiatan dilaksanakan menggunakan zoom meeting, siswa berada di rumah masing-masing. Pukul 07.30 dimulai dengan pembukaan, dilanjutkan sambutan kepala madrasah, pengarahan panitia, dan dilanjutkan dengan tasmi’ yang dilakukan tiga gelombang. Gelombong pertama 21 siswa, gelombang dua 21 siswa, dan gelombang tiga 22 siswa masing-masing gelombang berlangsung selama satu jam. Kegiatan ini juga disiarkan secara langsung melalui channel youtube MIN 1.
Total peserta yang ikut Tasmi’ ini 64 terdiri dari 12 siswa kelas lima, 21 siswa kelas empat, 13 siswa kelas tiga, 15 siswa kelas dua, dan 3 siswa kelas 1. Sebelumnya mereka telah lulus uji tahfidz semua surat dalam juz 30 mulai An-Naba’ s.d. An-Nas.
Kepala MIN Suyanto menyampaikan, “Ini adalah impian kita semua agar lulusan MIN 1 Kota Malang hafal, melestarikan, mengamalkan Al-Quran.
“Madrasah sangat memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada guru Al-Quran dan semua kelauraga besar MIN 1 yang telah mengupayakan terwujudnya impian kita bersama melahirkan generasi Al-Qur’an,” sambung Suyanto.
“Nanti jika lulus kelas 6 anak-anak memiliki hafalan minimal enam juz, sebagai apresiasi Madrasah akan memberikan rekomendasi untuk melanjutkan di madrasah atau sekolah yang diinginkan,” pungkasnya. (DwiCy)

DwiCy

Penulis yang bernama DwiCy ini merupakan Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Malang yang berstatus PNS dan memiliki jabatan sebagai Guru.