MAN 1 KOTA MALANG RAIH PENGHARGAAN SEBAGAI MADRASAH PELAYANAN PUBLIK TERBAIK TAHUN 2020

Malang (MAN 1 Kota Malang). Satu lagi prestasi yang diraih oleh MAN 1 Kota Malang. Secara institusi MAN 1 Kota Malang mendapat penilaian baik dari Kantor Kementerian Agama Kota Malang. Penilaian tersebut dilakukan melalui pengamatan sepanjang tahun 2020, baik secara langsung maupun tidak langsung. Penilaian tersebut tentu meliputi banyak aspek layanan, baik layanan terhadap pihak eksternal maupun internal, termasuk layanan informasi melalui medsos yang gencar dilakukan oleh MAN 1 Kota Malang.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Bapak Kepala Kantor Kemenag Kota Malang, Bapak Dr. H. Muhtar Hazawawi, M.Ag. kepada Kepala MAN 1 Kota Malang pada bulan Maret 2021 pada saat rapat koordinasi dengan para pimpinan lembaga atau satker di lingkungan Kemenag Kota Malang. Seuasi menerima penghargaan tersebut Kepala MAN 1 Kota Malang, Dr. Hj. Binti Maqsudah, M.Pd. menyampaikan, “Penghargaan yang diterima oleh MAN 1 Kota Malang tentu mengembirakan sekaligus menjadi tantangan bagi kita. Karena menurut kami, MAN 1 Kota Malang saat ini sedang berbenah untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada publik atau stake holder yang ada. Jadi bagi kami penghargaan ini adalah tantangan, apakah perhargaan atau predikat tersebut pantas kita sandang atau belum”. Tegasnya.

Perlu diketahui pula dalam upaya peningkatan pemberian layanan publik yang prima, MAN 1 Kota Malang telah menerapkan beberapa aplikasi, diantaranya SOS (Student Online System), APARAT (Aplikasi Surat Menyurat) dan SiPANIK (Sistem Pengelolaan Arsip Elektronik). Di samping itu MAN 1 Kota Malang terus melakukan pembinaan dan peningkatan SDM agar SDM yang ada mampu memberi pelayanan publik secara optimal. Pembinaan SDM tersebut dilakukan dengan cara kerjasama dengan pihak lain diantaranya dengan BNI. MAN 1 Kota Malang mendatangkan Pimpinan Bidang Pelayanan Nasabah BNI KC. Brawijaya Malang untuk menyampaikan prinsip-prinsip dalam memberi layanan, serta tips-tips dalam pemberian layanan prima. Disamping itu MAN 1 Kota Malang juga menggandeng FIA Universitas Brawijaya Malang terkait bidang kearsipan, khususnya pengelolaan dan penataan arsip secara elektronik. (Humas)

Abdurrohim

Penulis yang bernama Abdurrohim ini merupakan Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Malang yang berstatus PNS dan memiliki jabatan sebagai Waka Humas.