MAN 1 KOTA MALANG AMBIL BAGIAN DALAM VLOG COMPETITION DAN FILM PENDEK

Malang (MAN 1 Kota Malang). Dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional, Direktorat KSKK Madrasah, Ditjen. Pendis Kemenag RI kembali menggelar Madrasah Video Competition Tahun 2021. Ajang ini dapat diikuti oleh siswa aktif madrasah pada jenjang MI, MTs dan MA Negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Selain Madrasah Video Competition juga digelar lomba film pendek madrasah. Kegiatan kompetisi ini digelar untuk memfasilitasi dan mengembangkan potensi siswa madrasah melalui konten video dan film pendek yang menarik.

Adapun persyaratan vlog competition 2021 yakni dengan mengirimkan video berdurasi 3 menit pada tanggal 9 April s/d 9 Mei 2021, sedangkan film pendek madrasah pengumpulan video pada tanggal 25 Mei 2021. MAN 1 Kota Malang ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut. Persiapan dan penulisan naskah dilaksanakan pada Sabtu, 10 April 2021. Tema yang diangkat pada vlog competition adalah “Ayo Belajar di Madrasah” dan tema film pendek yakni “Transformasi Digital”.

Terdapat dua kegiatan dalam lomba ini, yakni vlog dan film pendek. Pada lomba vlog dilaksanakan pada bulan puasa, walaupun sedang melaksanakan puasa, tim MITC yang merupakan ekstrakulikuler di bidang Multimedia tetap semangat dalam proses syuting. Pada kegiatan ini dipilih tim MITC dengan total 8 siswa dan 3 pembimbing, yakni Septian Adi, S.Pd (penulis naskah dan actor), Zakiah Alif Syakura, S.Pd (penulis naskah), Akhmad Faiq Abdillah, S.Pd (kamerawan dan editor)

Dalam cerita vlog competition disini menceritakan tentang alasan mengapa memilih belajar di madrasah, yakni karena madrasah tidak hanya mempelajari ilmu pendidikan umum, melainkan juga mempelajari ilmu-ilmu agama yang luas, yaitu meliputi Aqidah, Qur’an Hadits, Akhlak, Fikih dan SKI, bahkan juga Bahasa Arab, . Kemudian isi cerita film pendek yang diangkat adalah transformasi digital, mengangkat kelebihan MAN 1 Kota Malang dalam bidang IT yakni aplikasi SOS (Student online System).

Vlog dan film pendek madrasah ini merupakan ajang bergengsi madrasah yang wajib diikuti demi pengalaman serta merupakan kesempatan untuk siswa MAN 1 Kota Malang dalam menunjukkan karya-karyanya. “Kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dari seluruh civitas akademika MAN 1 Kota Malang. Semoga mendapatkan hasil yang terbaik dan meraih juara sehingga akan menambah daftar prestasi MAN 1 Kota Malang di tingkat nasional. Amin” Demikan Ungkap Waka Kesiswaan, H. Iwan Setiawan, S.Pd. M.Pd. (Humas).

Abdurrohim

Penulis yang bernama Abdurrohim ini merupakan Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Malang yang berstatus PNS dan memiliki jabatan sebagai Waka Humas.