Galang Berbagai Pihak, Kemenag Kota Malang Salurkan Rp.400 Juta Ke Qoryah Sakinah

Malang, 03 Mei 2021, Dalam rangka peringatan Nuzulul Quran, Kementerian Agama Kota Malang menggelar rapat kordinasi dengan Bagian Kesra Pemerintah Kota Malang, Basnaz dan Forum Organisasi pengelola Zakat. Peringatan Nuzulul Quran ini diwujudkan dengan aksi nyata pengembangan Qoryah Sakinah yang menjadi kampung binaan Kementerian Agama Kota Malang yang rencananya diadakan pada Kamis, 6 Mei 2021.

Aksi Nyata ini merupakan bagian dari 4 program utama pembinaan bekelanjutan kampung damai yang disebut dengan Qoryah Sakinah. Qoryah Sakinah merupakan bagian dari kepedulian Kementerian Agama Kota Malang dalam mengatasi kelompok miskin perkotaan. Keempat program tersebut adalah pembentukan kader agama dan tokoh masyarakat, moderasi beragama, pembentukan keluarga harmoni dan pengembangan ekonomi kreatif.

Gaung bersambut, ASN Kemenag Kota Malang mendukung giat ini dengan menyalurkan zakat mereka ke kampung binaan Qoryah Sakinah ini. Forum Organisasi pengelola Zakat (FOZ), El Zawa, Baznas, Bagian Kesra Pemerintah Kota, BSI, Madrasah di lingkungan Kemenag Kota Malang dan UIN Maliki bergotong royong mengumpulkan dana untuk program ini. Total Bantuan yang akan disalurkan ke Qoryah Sakinah ini hingga Rp. 400 juta. Bantuan tersebut diwujudkan dalam bentuk pendampingan modal usaha, beasiswa dari sd hingga perguruan tinggi.

Dalam upaya pembentukan kader agama dan tokoh masyarakat, PD Pontren telah mengikut sertakan guru-guru ngaji TPQ untuk ikut serta pembinaan metode baca quran al Bayan dan as Syifa selama dua hari. Berbagai program kerja seksi-seksi yang ada di Kementerian Agama Kota Malang disisipkan program bina dan pendampingan masyakarat Qoryah Sakinah yang mayoritas merupakan penduduk dengan pekerjaan pemulung, pengamen dan pekerjaan serabutan lainnya.

Menyambut baik program ini, Soleh, Kasubag pada Bagian Kesra Pemerintah Kota Malang menyatakan, pemerintah Kota Malang siap memberikan dukungan termasuk pendanaan yang dibutuhkan dan akan menggandeng BAZNAS untuk ini. Pemerintah Kota Malang juga menyampaikan terima kasih atas kepedulian Kota Malang atas partisipasinya dalam mengatasi masalah sosial di kampung Tanjungrejo yang dulu dikenal dengan kampung penampungan ini.

Dwipa Wahyu Hermantara

Penulis yang bernama Dwipa Wahyu Hermantara ini merupakan Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Malang yang berstatus PNS dan memiliki jabatan sebagai JFU Penyusun Bahan Bimtek Pada Seksi PD Pontren.