Empat Guru MIN Ikuti Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) Balai Diklat Keagamaan

Kota Malang (MIN 1) – Empat guru MIN 1 Kota Malang ikuti Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan (BDK) Surabaya, (26 April s.d. 1 Mei 2021). Ada dua jenis pelatihan yang diikuti, pertama Karya Tulis Ilmiah dan Tematik.

Untuk dapat mengikuti PJJ sebelumnya telah dilakukan seleksi administrasi. Kempat guru tersebut yaitu M. Dwi Cahyono, Heni Dwi Handayani, Wahju Tri Kusmardiningsih sebagai peserta pelatihan karya tulis ilmiah dan Nanik Luthfiyah Srirahayu Ningsih sebagai peserta pelatihan tematik MI.

Koordinator bidang sumber daya manusia dan kehumasan MIN 1, Zaidi menyampaikan di tengah menghadapi wabah covid-19 pelatihan jarak jauh menjadi solusi ideal bagi guru agar tetap mengupdate kompetensi.

“Wabah covid-19 jangan sampai menghentikan guru untuk megupdate diri, maka ketika ada pendaftaran pelatihan oleh BDK kita mengirimkan beberapa guru untuk ikut seleksi,” tegasnya.

Pelatihan bepola 60 JP ini memanfaatkan portal PJJ BDK Surabaya dengan alamat https://pjj.bdksurabaya-kemenag.id. Sedangkan proses pembelajarannya menggunakan media zoom, chatting, diskusi, dan penugasan terhadap peserta.

Sebagai salah satu peserta PJJ Wahyu Tri Kusmardiningsih menyampaikan, bersyukur bisa mengikuti pelatihan ini, “Alhamdulillah banyak ilmu yang diperoleh dalam pelatihan karya tulis ilmiah jarak jauh ini. Meskipun tidak mudah bisa menuntaskannya, hal itu disebabkan disamping ikut PJJ juga harus tetap mengajar di kelas.”

Hal itu senada apa yang disampaikan Heni Dwi Handayani, “Hampir tiap hari ada tugas dan langsung dibimbing penuh oleh narasumbernya. Dengan begitu semua peserta dituntut benar-benar menguasai materi sekaligus praktik membuat karya. Jika ada yang perlu diluruskan dalam penulisan peserta langsung diWApri oleh narasumber,” ucapnya bahagia karena dapat menuntaskan pelatihan ini hingga penutupan. (DwiCy)

DwiCy

Penulis yang bernama DwiCy ini merupakan Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Malang yang berstatus PNS dan memiliki jabatan sebagai Guru.