Detail Berita

#Permudah Pembelajaran Daring, Siswa MTsN 1 Kota Malang Buat Aplikasi Matsanewaku

permudah-pembelajaran-daring-siswa-mtsn-1-kota-malang-buat-aplikasi-matsanewaku

Kota Malang (MTsN 1) - Naufal Wiwit Putra, siswa MTs Negeri 1 Kota Malang membuat aplikasi Matsanewaku yang bisa diunduh di Google Play. Naufal membuatnya selama kurang lebih dua pekan saat menjalankan pembelajaran daring dari rumah.

Saat dihubungi pada Minggu (25/10), Ia mengaku terkejut aplikasinya diapresiasi oleh sivitas akademika MTsN 1 Kota Malang.

"Subhanallah, saya ingin menyampaikan terima kasih kepada para guru dan teman-teman saya yang telah menggunakan aplikasi tersebut. Inspirasinya sebenarnya dari hal sederhana. Saya ingin menjadikan semua yang dibutuhkan siswa dalam satu aplikasi," ungkap siswa kelas 9L tersebut.

"Untuk cara membuatnya diketik menggunakan Flutter, jadi nanti programnya ditulis. Ya sederhananya begitu penjelasannya. Sebenarnya aplikasi ini baru sekitar empat hari di Play Store. Jadi, masih sedikit fiturnya dan perlu penyempurnaan lagi," tambahnya.

Kreativitas Naufal dalam membuat aplikasi mendapatkan banyak apresiasi. Salah satunya ialah dari Yoga Prasetya, guru bahasa Indonesia Naufal.

"Saya sangat bangga dengan ananda Naufal. Tak hanya rajin dan pintar dalam pelajaran saya. Naufal juga senang membuat hal yang kreatif. Selain aplikasi Matsanewaku, Naufal juga pernah saya bimbing untuk menulis di majalah Matsa-Gemilang edisi 2019/2020 semester 1. Semoga Naufal bisa menginspirasi saya, para guru, dan siswa lainnya untuk terus berkarya di masa pandemi seperti ini," ucap Yoga Prasetya guru bahasa Indonesia Naufal.

Matsanewaku adalah aplikasi yang menggabungkan beberapa bahan untuk pembelajaran e-learning. Aplikasi tersebut memerlukan akses internet dalam penggunaannya. Ukuran download-nya cukup ringan, yaitu hanya membutuhkan 8,83 MB. (Red)

Image placeholder

Zulfiki

Penulis yang bernama Zulfiki ini merupakan Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Malang yang berstatus PNS dan memiliki jabatan sebagai guru MTsN 1.