Detail Berita

#Menjadi Narasumber Webinar Internasional, Ini Cerita Guru MTsN 1 Kota Malang

menjadi-narasumber-webinar-internasional-ini-cerita-guru-mtsn-1-kota-malang

Kota Malang (MTsN 1) – Menjadi narasumber dalam webseminar internasional serta berkesempatan berbagi pengalaman dengan narasumber lain yang berkiprah di luar negeri, tentu menjadi sebuah pengalaman yang berkesan.

Hal inilah yang hendak diceritakan oleh Akhmad Fauzi, guru MTsN 1 Kota Malang usai menjadi narasumber dalam webinar yang mengangkat tema Wajah Pendidikan Dunia di Tengah Pandemi Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, Pimpinan Ma’had Al-Madani itu berkesempatan menyampaikan materi tentang penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

Selain itu, webinar yang diselenggarakan oleh Madrasah Aliyah Al Irtiqo ini juga menghadirkan guru Indonesia  yang mengajar di berbagai sekolah luar negeri. Beberapa di antaranya adalah sekolah Indonesia Jeddah dan Mekkah (Arab Saudi), sekolah Indonesia Bangkok (Thailand), sekolah Indonesia Den Haag (Belanda), sekolah Indonesia Kairo (Mesir), Sekolah Indonesia Singapura Ltd, serta Indonesia International School Yangon (Myanmar).

Saat dihubungi pada Minggu (6/9/2020), Fauzi mengungkapkan bahwa ia bersyukur bisa berkontribusi pada kegiatan tersebut juga pada kemajuan pendidikan di Indonesia.

“Alhamdulillah, kita dapat sharing dengan para guru yang mengajar di berbagai negara sehingga kita dapat mengukur sejauh mana kemajuan pendidikan di Indonesia. Melalui kegiatan ini saya juga berharap bisa memotivasi kita bersama untuk berinovasi dalam pembelajaran. Tidak merasa paling hebat tapi merasa dan sadar untuk meraih prestasi terbaik dalam pendidikan,” jelasnya.

Lebih lanjut, pria bergelar Magister Pendidikan Islam ini juga menyampaikan pentingnya kreativitas guru dalam mengajar di saat para siswa harus belajar dari rumah akibat pandemi Covid-19.

“Pada saat pandemi Covid-19 ini para guru dituntut untuk bisa mendesain pembelajaran secara kreatif dan efektif. Mulai dari perencanaan, materi, metode, penilaian, dan penanaman karakter. Semoga kegiatan ini bisa memberikan sumbangsih untuk itu,” pungkas Fauzi.

Image placeholder

Zulfiki

Penulis yang bernama Zulfiki ini merupakan Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Malang yang berstatus PNS dan memiliki jabatan sebagai guru MTsN 1.