Detail Berita

#[ Madrasah mBois Ker! ] Reuni Alumni MAN 1 dan MAN 2 Kota Malang di Cairo Mesir

madrasah-mbois-ker-reuni-alumni-man-1-dan-man-2-kota-malang-di-cairo-mesir

[Kota Malang Humas]  Ketika tidak ada  keluarga atau sanak famili, maka mendapatkan  "saudara baru"  saat berada di perantauan, negerinya para nabi, adalah sebuah kebahagiaan tersendiri.

Itulah yang dirasakan  oleh 9  orang mahasiswa al Azhar Mesir. Mereka adalah  alumni  dari MAN 1 dan MAN 2 Kota Malang.

Selama ini mereka sudah tergabung dalam satu grup WhatsApp, tetapi belum semuanya saling bertemu muka, karena mereka berbeda angkatan dan jurusan saat menempuh pendidikan di MAN 1 atau MAN 2 kota Malang.

Maka reuni kecil 9 orang alumni dari madrasah terbaik di kota Malang ini, menjadi satu momen yang spesial, karena mereka bisa saling mengenal secara langsung.

Dari reuni yang diadakan di GG Resto, Kairo Mesir ini mereka jadi tahu bahwa ternyata  mitos tentang mahasiswa al Azhar  yang selama ini ada tidaklah tepat. Seperti, mitos yang menyatakan bahwa mahasiswa al Azhar haruslah mereka yang berasal dari pesentren pesantren besar semacam Gontor.

Ada fakta unik dari ke 9 alumni madrasah negeri Kota Malang ini.

pertama, mereka tidak secara khusus belajar di pesantren yang mengajarkan bahasa arab dan ilmu-ilmu keagamaan,  tetapi dari madrasah negeri yang "pelajaran umum-nya" cukup banyak.

kedua  sebagian mereka ketika di madrasah justru dari jurusan eksakta, dan bahkan ada yang sudah berkuliah di ITB selama 2 tahun, ada juga  yang pernah jadi mahasiswa UNAIR, kemudian "banting stir" berangkat ke Al Azhar untuk belajar ilmu-ilmu agama.

Sebagai informasi tambahan, untuk bisa menjadi mahasiswa al Azhar mereka harus lulus tes bahasa Arab, hafalan beberpaa juz Al Qur'an dan harus menyisihkan ribuan orang peserta test dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain fakta unik tentang mahasiswa yang mengadakan reuni tersebut, ada fakta yang tak kalah uniknya juga, yaitu tentang tempat reuninya itu sendiri!

Restoran GG, yang terletak di jantung Kota Kairo Mesir ini, adalah salah satu dari restoran yang  dimiliki dan dikelola oleh mahasiswa al Azhar yang berasal dari Indonesia. Sehingga tidak heran menu-menu yang ditawarkan adalah menu khas Indonesia. Seperti lalapan ayam, tempe, dan lele.

Selain GG Restoran, juga ada restoran-restoran lain yang menyediakan makanan khas Indonesia seperti nasi Padang, bakso, mie ayam, soto, pecel, nasi goreng dan sebagainya.

Restoran dengan menu-menu makanan Indonesia bisa eksis di Mesir karena memang banyaknya masisir (sebutan bagi mahasiswa al Azhar yang berasal dari Indonesia). Menurut data dari KBRI ada sekitar 7 ribu mahasiswa Indonesia saat ini yang berada di Mesir dengan berbagai jenjang pendidikan.

Selain itu, keberadaan restoran restoran tadi cukup jadi pengobat rindu ketika masisir ingin menikmati masakan khas negaranya. [nad/hmc]

*

Madrasah mBois Ker!
adalah berita berupa tulisan atau video tentang prestasi, keunikan atau hal hal positif lainnya  dari siswa dan alumni madrasah negeri atau swasta yang ada di Kota Malang, dengan gaya penyajian yang lebih kontemporer.

 Siswa/alumni madrasah anda mempunyai prestasi atau sesuatu yang perlu diekspose?

Silahkan hubungi Tim Humas dan Media Kemenag Kota Malang.

Image placeholder

Heri Mulyo Cahyo

Penulis yang bernama Heri Mulyo Cahyo ini merupakan Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Malang yang berstatus PNS dan memiliki jabatan sebagai Humas.