Pencanangan Semangat Kemenag Baru ole" name="description">

Detail Berita

#KUA Kedungkandang diproyeksikan sebagai salah satu dari 100 Prototype KUA Baru di Indonesia

kua-kedungkandang-diproyeksikan-sebagai-salah-satu-dari-100-prototype-kua-baru-di-indonesia

Pencanangan Semangat Kemenag Baru oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada upacara Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kemenag di Kantor Kemenag, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa 5 Januari 2021 mulai dilaksanakan. ‘Kemenag Baru’ yang diharapkan, dicirikan dengan sistem dan layanan berbasis teknologi digital yang lebih praktis sekaligus solutif. 

Semangat Kemenag Baru tersebut dapat diterjemahkan dengan tiga kata kunci. Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik. Termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan. Kedua, penguatan moderasi beragama. Menag mengatakan, penekanan moderasi beragama antara lain adalah pada aspek penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan. Ketiga, mengokohkan persaudaraan. Ini meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan se-Tanah Air, dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan

Untuk mewujudkan cita-cita besar Menag Yaqut itu, memang tidak bisa dilakukan dengan kerja sendiri. Untuk itu, seluruh pegawai Kemenag bersama-sama meneguhkan niatnya dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada bangsa. Kolaborasi dan sinergi yang baik harus terus dilakukan agar program-program Kemenag bisa terealisasikan dengan maksimal.

Dalam rangka implementasi semangat Kemenag Baru terkait perbaikan tata kelola birokrasi, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam akan meluncurkan KUA Baru dengan layanan kebimasislaman pada KUA. Sebagai langkah awal, Direktur Jenderal membentuk Tim Perumus Revitalisasi Layanan Kebimasislaman Pada KUA yang melalui Nota Dinas Nomer: ND.45/Set.III.1/HM.00/01/2021, Tim ini diturunkan ke 100 KUA yang akan menjadi prototype KUA Baru untuk menghimpun layanan kebimasislaman yang dibutuhkan masyarakat.

Berdasar Nota Dinas tersebut, salah satu dari 100 KUA yang ditunjuk sebagai prototype KUA Baru adalah Kantor Urusan Agama Kecamatan Kedungkandang Kota Malang karena tercatat sebagai KUA yang ikut mempelopori layanan berbasis IT sejak 2007. Rabu 17 Februari 2021, KUA Kedungkandang telah disurvei Tim Perumus yang diketuai Ihsan Bayu Merdeka, ST Kepala Subbagian Perencanaan dan Anggaran Bagian Perencanaan Sekretariat Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam.

Mengomentari kondisi KUA Kedungkandang, Ihsan Bayu menyatakan berdasar survey yang dilakukannya, KUA Kedungkandang sudah lebih baik dari KUA di Jakarta yang sama-sama tipologi A, hanya saja dengan pelayanan yang sangat banyak, KUA Kedungkandang punya keterbatasan Pegawai sehingga sehari-hari nampak kualahan dalam melayani. Ihsan berharap beberapa kelemahan KUA Kedungkandang ini bisa segera diatasi sehingga sebagai prototype KUA Kedungkandang bisa menjadi KUA Baru yang bisa menjadi percontohan nasional.

 

Image placeholder

Muhammad Nur Hidayah

Penulis yang bernama Muhammad Nur Hidayah ini merupakan Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Malang yang berstatus PNS dan memiliki jabatan sebagai JFU Pada Kemenag Kota Malang dan Agen Perubahan ZI.