Detail Berita

#3 Pesan Kepala Kantor Kemenag Kota Malang pada Guru Karyawan KB-BA Restu 1 & 2 Kota Malang

3-pesan-kepala-kantor-kemenag-kota-malang-pada-guru-karyawan-kb-ba-restu-1-2-kota-malang

3 Pesan Kepala Kantor Kemenag Kota Malang pada Guru Karyawan KB-BA Restu 1 & 2 Kota Malang 

Bertempat di Aula KB/BA Restu 1,  di Jalan Bandung 7d Kota Malang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang, Muhtar Hazawawi, memberikan pembinaan kepada Guru dan Karyawan KB/BA Restu 1 & 2. 

Mengawali pembinaannya, Muhtar  menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kerja keras yang telah dilakukan oleh Guru dan Karyawan KB/BA Restu 1 sehingga mendapatkan Radar Malang Award sebagai TK Favorit di Kota Malang. Tentu ini sebuah prestasi yang membanggakan mengingat ada banyak ratusan RA/BA/TA/TK di Kota Malang, tetapi berdasarkan survey panjang yang telah dilakukan oleh Harian Radar Malang terhadap kepuasan dan kepercayaan konsumen atas layanan TK, ternyata masyarakat Kota Malang menjatuhkan pilihanya pada KB/BA Restu 1 Kota Malang.

Untuk itu sebagai kepala Kantor Kemenag yang menaungi semua madrasah yang ada di kota Malang, Muhtar berpesan 3 penting:

Pertama, semua civitas akademi di KB/BA Restu 1 & 2  mempunyai tugas yang sangat penting untuk mengangkat derajat madrasah menjadi hebat dan bermartabat. Kepercayaan masyarakat kepada pendidikan berbasis agama dan madrasah mengalami peningkatan yang cukup tinggi, terbukti dengan banyaknya orang tua murid dari berbagai kalangan lebih memilih menyekolahkan putra-putrinya di madrasah daripada di sekolah umum. Tentu saja ini berkat kerja keras generasi terdahulu, sehingga kewajiban generasi saat ini adalah menjaga kepercayaan masyarakat itu agar citra madrasah semakin baik.

Kedua, masa pandemi Covid 19 saat ini adalah sebuah tantangan yang cukup luar biasa bagi dunia pendidikan, ketika pemerintah menetapkan belajar melalui daring sebagai wahana untuk menyampaikan ilmu dan mendidik pada murid, menimbulkan persoalan baru yang belum terpikirkan sebelumnya. Kedekatan antara guru dan siswa adalah hal yang sangat penting dalam pembangunan karakter, terutama pada pendidikan di tingkat yang paling dasar/PAUD, oleh karenanya diupayakan agar selama masa belajar daring ini hal tersebut tetap terjaga dengan cara home visit atau mengubungi murid secara personal seperti video call. Cara seperti itu terbukti mampu memberikan kebanggaan dan meningkatkan rasa percaya diri pada anak didik.

Ketiga,  ada 3 karakter madrasah di Kota Malang yang wajib dijadikan pedoman dalam menentukan arah pendidikan, yaitu;  1. Karakter keagamaan, 2. Karakter Kebangsaan, 3. Karakter Unggul Berprestasi. Ketiga karakter itu harus bisa jadi pembeda madrasah dengan sekolah non madrasah, untuk itu diperlukan kerja keras agar ketiganya menjadi ciri khas keunggulan bagi seluruh madrasah yang ada. (hmc)

Image placeholder

Taqien

Penulis yang bernama Taqien ini merupakan Pegawai Kantor Kementerian Agama Kota Malang yang berstatus dan memiliki jabatan sebagai Reporter.